Dalam membuat lesson plan tidaklah terlalu rumit. Akan tetapi, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar lesson plan yang kita buat sangat membantu dan efektif bagi pengajaran. Di bawah ini merupakan langkah-langkah serta gambaran masing-masing bagian dalam mengembangkan rencana pelajaran atau lesson plan yang baik:
- Mempertimbangkan apa yang mau diajarkan.      Sebaiknya dikembangkan berdasarkan kurikulum yang ada, mengetahui untuk      kelas berapa materi yang akan diajarkan tersebut, dan juga mencatat      perkiraan waktu dalam rencana pelajaran untuk menolong waktu penganggaran      yang diperlukan. Begitu mempunyai topik, bisa memulai menentukan bagaimana      cara mengajar topik.

 - Untuk memastikan lesson plan benar-benar membantu pengajaran, kita perlu membuat      tujuan yang jelas dan spesifik dari apa yang diajarkan. Tujuan bukan      merupakan aktivitas yang akan dilakukan dalam rencana pelajaran tetapi merupakan      hasil belajar aktivitas itu yang ingin dicapai, Tujuan juga sebaiknya dapat      diukur secara langsung. Dengan kata lain, harus memastikan tujuan dapat dikatakan      baik tujuan ini dijumpai atau tidak. Kita dapat mempunyai lebih dari satu      tujuan untuk rencana pelajaran. Untuk membuat tujuan lebih berarti, dapat      memasukkan tujuan luas maupun sempit.
 - Kita mungkin memerlukan material-material yang      diperlukan dalam pengajaran nanti, tetapi sebaiknya dipersiapkan lebih awal      dalam rencana pelajaran kita. Dengan begitu, jika orang lain menggunakan      rencana pelajaran kita, mereka akan tahu dari awal apa bahan diperlukan.      Dengan menuliskan secara spesifik, pengajar akan mempunyai segalanya      mereka perlu dalam pengajaran.

 - Kita juga mungkin ingin menulis Anticipatory Set,      yang dapat menjadi pengantar dalam pelajaran dan mengembangkan perhatian siswa      dalam belajar apa yang akan diajarkan. Contoh: menangani pelajaran      pecahan, pengajar bisa memulai dengan meminta siswa menjawab bagaimana      mereka akan membagi-bagikan pizza untuk masing-masing 5 orang teman mereka      mendapat jumlah pizza yang sama, dan memberi tahu mereka bahwa mereka bisa      melakukan ini jika mereka tahu bagaimana caranya untuk bekerja dengan      pecahan.
 
- Selanjutnya perlu menuliskan langkah-langkah      prosedur yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini tidak harus      melibatkan setiap hal kecil yang akan kita katakan dan lakukan, tetapi      sebaiknya mendaftar tindakan relevan yang perlu dilakukan dalam pengajaran.
 - Setelah prosedur selesai, kita dapat menyediakan      waktu untuk latihan mandiri bagi siswa agar siswa dapat lebih memahami      materi yang diajarkan.
 - Sebelum beralih ke penilaian sebaiknya menanyakan      kembali semua yang telah diajarkan, dengan mengacu pada Anticipatory Set.      Contoh: kita dapat menanyakan kembali kepada siswa bagaimana mereka akan      membagi-bagikan pizza setelah mereka mengerti mengenai pecahan (dari      contoh pada langkah ke-4).

 - Kita dapat menuliskan      evaluasi/penilaian kita. Beberapa lesson      plan mungkin tidak memerlukan penilaian, tetapi sebaiknya kita membuat      semacam evaluasi untuk melihat apakah tujuan pengajaran dalan lesson plan tercapai. Kunci dalam      mengembangkan penilaian kita adalah membuat penilaian yang secara khas dan      pasti mengukur tujuan dicapai atau tidak. Dengan begitu, akan terlihat      hubungan nyata antara tujuan dan penilaian.
 - Penyesuaian juga sebaiknya dibuat untuk siswa dengan      ketidakmampuan (disabilities). Hal      ini dapat  dilakukan dengan menggunakan      penyesuaian spesifik bagi siswa tertentu dengan memperhitungkan perbedaan individual      mereka.
 - Kita dapat juga memasukkan bagian "hubungan",      yang memperlihatkan bagaimana lesson      plan dapat diintegrasikan dengan subyek pelajaran lain. Sebagai contoh      kita dapat menerapkan pelajaran mengenai pecahan dengan kehidupan      sehari-hari yang lain, tidak hanya dalam pelajaran matematika.
 
Jika mengikuti semua langkah di atas, kita akan berhasil membuat lesson plan dengan baik dan seksama yang akan berguna bagi kita atau pengajar mana pun yang ingin  mengajarkan topik yang sama. Salah satu tips yang paling membantu dalam penulisan lesson plan pertama kita adalah dengan melihat lesson plan lain yang lebih dulu telah dikembangkan dengan baik untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang apa saja yang diperlukan dalam lesson plan.
 

0 komentar:
Posting Komentar