BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS

Minggu, 07 Juni 2009

LANGKAH-LANGKAH MENGEMBANGKAN LESSON PLAN YANG BAIK

Dalam membuat lesson plan tidaklah terlalu rumit. Akan tetapi, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar lesson plan yang kita buat sangat membantu dan efektif bagi pengajaran. Di bawah ini merupakan langkah-langkah serta gambaran masing-masing bagian dalam mengembangkan rencana pelajaran atau lesson plan yang baik:

  1. Mempertimbangkan apa yang mau diajarkan. Sebaiknya dikembangkan berdasarkan kurikulum yang ada, mengetahui untuk kelas berapa materi yang akan diajarkan tersebut, dan juga mencatat perkiraan waktu dalam rencana pelajaran untuk menolong waktu penganggaran yang diperlukan. Begitu mempunyai topik, bisa memulai menentukan bagaimana cara mengajar topik.
  2. Untuk memastikan lesson plan benar-benar membantu pengajaran, kita perlu membuat tujuan yang jelas dan spesifik dari apa yang diajarkan. Tujuan bukan merupakan aktivitas yang akan dilakukan dalam rencana pelajaran tetapi merupakan hasil belajar aktivitas itu yang ingin dicapai, Tujuan juga sebaiknya dapat diukur secara langsung. Dengan kata lain, harus memastikan tujuan dapat dikatakan baik tujuan ini dijumpai atau tidak. Kita dapat mempunyai lebih dari satu tujuan untuk rencana pelajaran. Untuk membuat tujuan lebih berarti, dapat memasukkan tujuan luas maupun sempit.
  3. Kita mungkin memerlukan material-material yang diperlukan dalam pengajaran nanti, tetapi sebaiknya dipersiapkan lebih awal dalam rencana pelajaran kita. Dengan begitu, jika orang lain menggunakan rencana pelajaran kita, mereka akan tahu dari awal apa bahan diperlukan. Dengan menuliskan secara spesifik, pengajar akan mempunyai segalanya mereka perlu dalam pengajaran.
  4. Kita juga mungkin ingin menulis Anticipatory Set, yang dapat menjadi pengantar dalam pelajaran dan mengembangkan perhatian siswa dalam belajar apa yang akan diajarkan. Contoh: menangani pelajaran pecahan, pengajar bisa memulai dengan meminta siswa menjawab bagaimana mereka akan membagi-bagikan pizza untuk masing-masing 5 orang teman mereka mendapat jumlah pizza yang sama, dan memberi tahu mereka bahwa mereka bisa melakukan ini jika mereka tahu bagaimana caranya untuk bekerja dengan pecahan.
  1. Selanjutnya perlu menuliskan langkah-langkah prosedur yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan. Dalam hal ini tidak harus melibatkan setiap hal kecil yang akan kita katakan dan lakukan, tetapi sebaiknya mendaftar tindakan relevan yang perlu dilakukan dalam pengajaran.
  2. Setelah prosedur selesai, kita dapat menyediakan waktu untuk latihan mandiri bagi siswa agar siswa dapat lebih memahami materi yang diajarkan.
  3. Sebelum beralih ke penilaian sebaiknya menanyakan kembali semua yang telah diajarkan, dengan mengacu pada Anticipatory Set. Contoh: kita dapat menanyakan kembali kepada siswa bagaimana mereka akan membagi-bagikan pizza setelah mereka mengerti mengenai pecahan (dari contoh pada langkah ke-4).
  4. Kita dapat menuliskan evaluasi/penilaian kita. Beberapa lesson plan mungkin tidak memerlukan penilaian, tetapi sebaiknya kita membuat semacam evaluasi untuk melihat apakah tujuan pengajaran dalan lesson plan tercapai. Kunci dalam mengembangkan penilaian kita adalah membuat penilaian yang secara khas dan pasti mengukur tujuan dicapai atau tidak. Dengan begitu, akan terlihat hubungan nyata antara tujuan dan penilaian.
  5. Penyesuaian juga sebaiknya dibuat untuk siswa dengan ketidakmampuan (disabilities). Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan penyesuaian spesifik bagi siswa tertentu dengan memperhitungkan perbedaan individual mereka.
  6. Kita dapat juga memasukkan bagian "hubungan", yang memperlihatkan bagaimana lesson plan dapat diintegrasikan dengan subyek pelajaran lain. Sebagai contoh kita dapat menerapkan pelajaran mengenai pecahan dengan kehidupan sehari-hari yang lain, tidak hanya dalam pelajaran matematika.

Jika mengikuti semua langkah di atas, kita akan berhasil membuat lesson plan dengan baik dan seksama yang akan berguna bagi kita atau pengajar mana pun yang ingin mengajarkan topik yang sama. Salah satu tips yang paling membantu dalam penulisan lesson plan pertama kita adalah dengan melihat lesson plan lain yang lebih dulu telah dikembangkan dengan baik untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang apa saja yang diperlukan dalam lesson plan.

0 komentar: