Lesson study banyak diterapkan karena sangat efektif bagi pengajar dalam kegiatan pembelajaran. Lesson study telah memberikan keuntungan dan kesempatan kepada para pengajar untuk dapat memberikan pengajaran dengan baik dalam kelas.
Tujuan utama Lesson study:
1. Meningkatnya pengetahuan tentang pembelajaran; Meningkatnya kemampuan mengobservasi aktivitas belajar; Semakin kuatnya hubungan antara pelaksanaan pembelajaran sehari-hari dengan tujuan jangka panjang (perbaikan mutu pembelajaran terus-menerus); Meningkatnya kualitas rencana pembelajaran. (termasuk kompetensi pedagogik)
2. Meningkatnya pengetahuan tentang materi pengajaran (termasuk kompetensi professional).
3. Semakin meningkatnya motivasi untuk selalu berkembang (termasuk kompetensi kepribadian).
4. Semakin kuatnya hubungan rekan sekerja (termasuk kompetensi sosial).
Bill Cerbin & Bryan Kopp mengemukakan 4 tujuan utama lesson study, yaitu:
1. Memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar;
2. Memperoleh hasil-hasil tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh para guru lainnya, di luar peserta lesson study;
3. Meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif;
4. Membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.
Catherine Lewis mengemukakan bahwa lesson study sangat efektif bagi guru karena telah memberikan keuntungan dan kesempatan kepada para guru untuk dapat:
1. Memikirkan secara lebih teliti tentang tujuan, materi yang akan diajarkan;
2. Memikirkan secara mendalam tentang tujuan-tujuan pembelajaran untuk kepentingan siswa, misalnya tentang arti penting sebuah persahabatan, pengembangan perspektif dan cara berpikir siswa, serta kecintaan siswa terhadap ilmu pengetahuan;
3. Mengkaji hal-hal terbaik yang dapat digunakan dalam pembelajaran melalui pembelajaran dari para guru lain (peserta atau partisipan lesson study);
4. Belajar tentang isi atau materi pelajaran dari guru lain sehingga dapat menambah pengetahuan tentang apa yang harus diberikan kepada siswa;
5. Mengembangkan keahlian dalam mengajar, baik pada saat perencanaan pembelajaran maupun selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran;
6. Membangun kemampuan melalui pembelajaran timbal-balik, dalam arti para guru bisa saling belajar tentang semua yang dirasakan masih kurang, baik tentang pengetahuan maupun keterampilannya dalam pengajaran;
7. Dengan menghadirkan para pengamat (observer) dapat melakukan pengamatan tentang perilaku belajar siswa secara detail dan jelas.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa lesson study sangat diperlukan dalam pembelajaran untuk dapat terus meningkatkan mutu pembelajaran yang ada saat ini.
0 komentar:
Posting Komentar